Bersahabat dengan Al-Quran

Resume pengajian putra IKMIK,

peresume : Reza Mahbub Khatami

Al-Quran, kitab umat muslim, yang menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat manusia, sudah sepantasnya kita memahami dan bersahabat dengannya. Bersahabat yang dimaksud adalah membaca, memahami, serta mengamalkannya. Dengan demikian banyak keutamaan yang akan kita dapat,

Keutamaan pertama adalah akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Seperti dikatakan oleh Abu Amamah ra bahwa ia mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Keutamaan kedua adalah mendapat predikat insan yang terbaik. Seperti dikatakan dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan ketiga adalah akan diangkat derajatnya. Seperti dikatakan dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah saw. bersabda,: “Sesungguhnya Allah SWT. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Keutamaan keempat adalah besar pahalanya, seperti dalam salah satu hadist „Siapa saja membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Tidaklah aku katakana alif lam mim satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf mim satu huruf” (At-Tirmidzi).

Keutamaan kelima adalah bersama malaikat atau mendapat pahala 2 × lipat. Keutamaan keenam adalah amalan ini dicintai oleh Allah SWT. Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR.Bukhari-Muslim)

Keutamaan keenam adalah merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan ketujuh adalah bagaikan mendapatkan ghanimah atau harta rampasan perang. Dari Abu Qilabah, Rasulullah saw. mengatakan, “Barangsiapa yang menyaksikan (mengikuti) bacaan Al-Qur’an ketika dibuka (dimulai), maka seakan-akan ia mengikuti kemenangan (futuh) fi sabilillah. Dan barangsiapa yang mengikuti pengkhataman Al-Qur’an maka seakan-akan ia mengikuti pembagian ghanimah.” (HR. Addarimi)

Keutamaan kedelapan adalah dikelilingi malikat dan dipuji Allah SWT di hadapan makhlukya. Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketengangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim)

Keutamaan kesembilan adalah menjadi penggerak bagi kehidupan manusia.

Keutamaan kesepuluh adalah menghidupkan suasana rumah. Seperti dalam salah satu hadist „Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak terdapat sebagian ayat dari pada Al-Quran, bagaikan rumah yang tidak berpenghuni.“ (HR. At-Tirmidzi)

Keutamaan kesebelas adalah berbakti kepada kedua orang tua. “Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan kepada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya-tanya: “Bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?”, Dijawab: “Karena anakmu telah membawa al-Qur’an.” (al-Hakim).

Keutamaan keduabelas adalah sebaik-baiknya kesibukan. „Barangsiapa yang disibukan oleh Al-Quran dalam ranka berdzikir kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, niscaya Aku akan memberikan sesuatu yang lebih utama dari pada apa yang telah aku berikan kepada orang yang telah meminta. Dan keutamaan kalam Allah dari pada seluruh kalam yang selain-Nya seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.“ (HR. At-Tirmidzi)

Dalam melakukan segala kegiatan kita harus melakukan persiapan. Begitu juga dengan bersahabat dengan Al-Quran. Sebagai langkah awal kita harus meluruskan niat dan mengikhlaskan hati lalu berdoa kepada Allah SWT memohon kemudahan dan keberkatan. Hal yang tak kalah penting adalah mencari guru supaya dalam proses pembelajaran tidak terjadi salah tafsir, atau ketika kita melakukan kesalahan terdapat pihak yang mampu melihat dan memperbaiki kesalahan kita. Dan yang terakhir adalah selalu disiplin. Disiplin yang dimaksud adalah meluangkan waktu untuk bersahabat dengan Al-Quran karena dalam bersahabat dengan Al-Quran tidak dapat kita lakukan satu dua kali melainkan berkali-kali secara teratur.

Ada beberapa cara dalam bersahabat dengan Al-Quran. Pertama adalah cukup membacanya/qiroah. Kedua membacanya dan mentadaburinya atau memahaminya. Terakhir adalah menghafalkannya.

Terdapat beberapa tips dalam menghafalkan Al-Quran. Pertama dalam menghafalkan Al-Quran tidak harus hafal. Kedua menghafalkan Al-Quran bukan untuk diburu-buru bukan pula untuk ditunda-tunda. Ketiga menghafalkan Al-Quran bukan untuk khatam melainkan untuk setia dengan Al-Quran. Keempat adalah senang dirindukan Al-Quran. Kelima dalam menghafal dianjurkan sesuap-suap atau sedikit demi sedikit. Keenam adalam mengutamakan durasi bukan kuantitas. Terakhir dan terpenting adalah hafalan kita bertajwid dan tidak hanya sekedar hafal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s